Sunday, February 17, 2013

Kadang kita diundang datang ke kondangan. Makan enak, menggoda mata dan selera

Kadang juga kita harus menginap di hotel karena urusan kerjaan. Pas breakfast, makanannya banyak, lezat, sayang untuk dilewatkan

Sedangkan kita sedang dalam program melangsing. Bagaimana ini?

1. Makan sedikit demi sedikit

Kalau latihan di rumah, makan sedikit tapi sering akan ada semacam tanda. Tanda kalau kita sudah kenyang

Saya masih berlatih mendengarkan tanda ini. Pas breakfast di hotel, udah kenyang. Tapi pengen "Sayang ah, mumpung di hotel"

Akhirnya, saya kombinasikan. Nafsu makan saya dengan trik makan sedikit. Jadi dari rangkaian menu, saya ambil sedikit

2. Minimal Karbohidrat

Saat kondangan, apalagi di jambi, wuiih, makanannya. Mulai nasi minyak, rendang, ikan..waduh

akhirnya saya akali dengan sedikit atau tidak sama sekali menyentuh karbohidrat. Nasi, lontong, roti saya minimalisir

Saya perbanyak sayur, daging dan ikan.

Apakah kita mulai menyadari, makan secara pintar membuat kita pintar untuk memilih makanan?




Friday, February 8, 2013

Makan Cerdas Langsing Puas

"Sedikit Sedikit Menjadi Bukit"

Peribahasa ini juga berlaku untuk program pelangsingan. Kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi

Dengan kemajuan era, dibarengi kemajuan teknologi untuk makanan. Entah apa yang diramu untuk membuat makanan enak

Teman saya baru merasakan efek dari pola makannya 10 tahun kemudian. Dokter menjelaskan, bahwa terjadi penumpukan racun

Bila anda merasa bahwa makan anda sehat tapi kok tetep gemuk, berarti ada yang harus dirubah

Melanie Shafranek menyadari bukan jenis makannya yang buat dia gemuk, tapi porsinya yang guuede.

Strategi Melanie melangsing bisa di baca di sini

Akhirnya saya juga praktekkan. Saya membagi jam makan saya 2 jam sekali. Dengan porsi yang kecil kecil. 

Efeknya adalah kenyang yang lama. Keinginan "menggila" bisa normal. Dan perut sepertinya punya alarm untuk stop makan

Plus..tentunya komentar.

"Wah, kamu langsingan ya sekarang"


Tuna Cheese for breakfast @Bakoel Koffie Cikini. Porsi yang geed menurut saya. Kalau dulu, langsung habis

Sekarang, saya perhatikan alarm tubuh saya. "Brur, kenyang brur, bungkus dah. NTAR kita makan lagi"



Monday, February 4, 2013

Percepatan Melangsing

Dalam proses melangsing ada cara tercepat. Cara ini diyakini bisa membuat proses anda melangsing menjadi nikmat
 "Sampai Dulu Sebelum Berangkat" Pepatah
Tempatkan dulu rasa syukur di depan. Seolah olah apa yang kita miliki sudah tercapai.

Kadang kalau kita ngaca. Ada rasa tidak senang dengan bentuk tubuh kita. Dimana membuat kita stress.

Kalau stress, larinya kemana? Biasanya sih makan...

Sekarang karena sudah paham akibatnya. Bisa pertimbangkan strategi ini.

"Bagaimana bisa saya bersyukur? Langsing aja belum"

Bener, tapi kan banyak hal yang bisa kita syukuri.

1. Bisa melihat
2. Bisa bernapas
3. Ayah ibu sehat
4. Dll

Karena belum tentu orang orang mempunyai kesempatan seperti diatas

Saat mood turun dalam proses melangsing adalah hal yang manusiawi. Namun cepat cepat naikkan kembali dengan syukur

Berikut adalah video dari Michael Collings. Mengikuti kontes Britain Got Tallent. Pertama banyak yang menyangsikan

Tapi saat dia menyanyi...wow


Kita adalah manusia yang diciptakan denga begitu banyak keahlian. Saya penasaran apa keahlian anda?




Friday, February 1, 2013

Anda Yang Mengontrol

Kalau udah yang namanya reunian pasti heboh. Mulai dari heboh ngobrol sama heboh makannya

Bagaimana donk dengan kita yang sedang dalam proses melangsing?

Tips yang anda bisa pertimbangkan :

1. Sebelum acara

Bakar kalori sebelum acara. Pernah ada artikel yang menceritakan tentang orang yang jalan menuju lokasi reuni

2. Pas acara

Reuni sering nya malam hari. Apabila kita berencana istirahat (biasanya ngobrol ampe malam) jaga pesanan

Pesan makanan yang rendah kalori. Pisang kukus misalnya

Disini pentingnya kita mengetahui jumlah kalori makanan yang kita konsumsi

Sudah banyak tools dan apps di google. Bisa di coba

3. Setelah acara

Kalau tadi di acara kita makan heboh, mungkin mau dibakar dulu. Entah jalan kaki pulang ke rumah atau jalan sekitar rumah saat sampai

Intinya adalah :

"Apa yang dimasukkan lebih kecil dari apa yang dikeluarkan"
Good Luck


Foto : Google

Thursday, January 31, 2013

Broga? Bro Yoga? Whaat?

Setelah cari cari beberapa jenis kegiatan aktif yang seru. saya ketemu ini:


1. Cross Fit

Olahraga yang memadukan ketahanan tubuh dan fleksibilitas. Karena tidak monoton cocok buat yang pengen terus bergerak


2. Broga

Bro yoga, yoga buat cowo. Tapi tetap bisa diikuti oleh kaum hawa. Lembut dan keras. Saya juga suka yoga. Penasaran gerakannya bakal seperti apa


Ini beberapa latihan yang bisa kita cek dulu. Kalo cocok, bisa dipraktekkan


































Tidur dan Langsing

Dulu waktu SD saya termasuk gemuk. Celana sekolah pun haru pesan, ga ada yang jual. Kebiasaan saya ngemil seharian

Orang tanya bekerja di luar kota. Tante yang mengasuh saya pun sibuk. Akhirnya saya memilih makanan sebagai teman

Sate padang, mie instan, jajanan sekolah. Pilihan pilihan makanan saya selama SD. Membuat saya gemuk dan cepat lelah

Setelah saya masuk SMP semua berubah. Kebetulan saya disekolahkan di asrama khusus pria. Disana semua serba teratur

Makan, belajar, istirahat ada jadwalnya. Perlahan tapi pasti. Liburan naik kelas 2 SMP saya pulang. Banyak yang kaget. Saya langsingg

Ketika saya ingat hal ini keyakinan saya untuk bisa langsing pun meningkat. Saya ingat ingat lagi apa yang bikin saya langsing dulu :

1. Aktif

Mulai dari pramuka, olahraga semua kegiatan saya ikuti. Pernah saya main basket hingga dini hari

2. Makan terjadwal

Saya ingat sekali karena jadwal yang padat di asrama, saya males ngemil. Makan hanya 3 hari sekali

3. Tidur cepat

Lampu asrama harus dimatikan tepat pukul 10. Ada beberapa guru yang keliling untuk memastikan. Membuat kami "terpaksa" tidur lebih cepat

3 hal diatas yang membuat saya pernah langsing dulu. Kenapa tidak saya ulangi lagi ya??

Manfaat tidur lebih cepat ada di detikhealth, Klik disini


SGPC Bu Wiryo

Lagi di yogya kalo ga ke pecel bu wiryo kan ada yang kurang gitu. Tapi pagi ini belum olaharaga, jadi gimana ya?
"kalori yang masuk lebih kecil dari kalori yang keluar"
Akhirnya saya memilih jalan menuju lokasi bu wiryo. Lumayan ada 30 menit. Untuk menambah pembakaran saya bawa tas isi laptop ama kamera

SGP + Telor hmm

Nah sehabis makan masih pengen ngeblog. Cari tempat yang nyaman, saya muter gejayan menuju kaliurang lewat jalan potong

Lumayan juga 1,5 jam jalan. Keringetan, seger dan keinginan untuk ngemil pun kecil